Cremonti ™
Follow me @erizhmwn

Senin, 14 September 2009

Fitur Baru Blogger: Read More

Setelah sekian lama ditunggu-tunggu, akhirnya blogger merilis fitur terbarunya yakni Read More/Jump Breaks (beta). Selama bertahun-tahun, blogger menerapkan fitur ini secara manual dengan mengedit langsung dari Edit HTML. Proses yang cukup rumit dan rawan kesalahan.

Dengan adanya fitur ini, anda dapat memenggal/memotong sebagian post anda pada halaman indeks blog. Blogger akan menyisipkan Read More link menuju halaman inti post untuk melanjutkan membaca post tersebut.


Ada beberapa cara untuk menyisipkan Read More langsung ke posting Anda. Jika Anda menggunakan editor posting baru (tersedia di Blogger in Draft, atau dengan mengaktifkan melalui tab Pengaturan) Anda akan melihat icon Insert jump break pada toolbar editor. Klik icon ini dan Read More akan dimasukkan ke posting blog di posisi kursor Anda.


Jika anda tidak menggunakan editor posting baru, anda masih dapat menyisipkan Read More dalam mode Edit HTML dengan menambahkan <!-- more --> di posisi yang sesuai dengan keinginan anda.


Anda dapat merubah teks Read More dari menu Tata Letak => Edit Posting Blog


Fitur ini tidak berpengaruh pada posting feed anda. Anda dapat mengkonfigurasi opsi feed posting dengan masuk ke Pengaturan => Dasar => Feed Situs dan mengedit Izinkan Feed Blog.

Bagi blogger yang telah mengkostumasi Blog Posts widget mereka atau menggunakan template yang dikustomasi menyeluruh, mungkin anda perlu mengedit kembali Edit HTML untuk mengaktifkan fitur ini. Caranya yaitu: Pertama, back up template anda. kemudian, thick Expand Widget Templates pada menu Edit HTML. Kemudian cari kode dibawah ini:

<data:post.body/>

Setelah itu, paste kode ini dibawahnya:

<b:if cond='data:post.hasJumpLink'>
<div class='jump-link'>
<a expr:href='data:post.url + "#more"'><data:post.jumpText/></a>
</div>
</b:if >


Klik save dan selesai!

0 komentar:

Posting Komentar

Anchor text pada URL komentar dengan indikasi spamming / meningkatkan SERP semata tidak akan saya approve. Jangan buang-buang waktu kalian karena blog ini menggunakan sistem NoFollow. Terimakasih.

About B-SPOT

Jakarta, D.K.I Jakarta, Indonesia
Blogger Tutorial, Tips, Trick, SEO & Add-ons

Site Info

online counter free counters

B-Spot Copyright © 2009 Community is Designed by Bie