Cremonti ™
Follow me @erizhmwn

Senin, 14 September 2009

Apa Itu Google Page Rank dan Bagaimana Cara Meningkatkan Ranking Blog Saya?


Google menggunakan Page Rank (PR) untuk menentukan peringkat suatu situs dalam hal pencarian di search engine. Semakin tinggi PR suatu situs, maka akan semakin tinggi pula hasil pencarian yang ditampilkan search engine mengenai situs tersebut.

Sistem PR didasarkan pada suatu persamaan yang terlihat seperti ini:

PR (A) = (1-d) + d (PR (t1) / C (t1) + ... + PR (tn) / C (tn))

Cukup membingungkan bukan? Berikut ini penjelasan bagaimana Google mendeskripsikan sistem Page Rank mereka:

In essence, Google interprets a link from page A to page B as a vote, by page A, for page B. But, Google looks at considerably more than the sheer volume of votes, or links a page receives; for example, it also analyzes the page that casts the vote. Votes cast by pages that are themselves "important" weigh more heavily and help to make other pages important." Using these and other factors, Google provides its views on pages' relative importance. (Source: Google)

Jadi, apakah ini berarti bahwa semakin banyak situs yang me-link blog anda, maka akan semakin baik Page Rank anda? Mungkin, tetapi dalam kenyataannya kesuksesan blog dalam search engine akan tergantung pada kualitas penulisan konten, dan aksesibilitas informasi. Cara terbaik untuk meningkatkan Page Rank anda adalah memberikan informasi berkualitas dalam posting anda sehingga memudahkan search engine untuk membacanya.

Bagaimana saya dapat mengecek Page Rank blog saya?

Ada banyak layanan online yang tersedia yang dapat anda gunakan untuk memeriksa Page Rank anda, seperti:
Layanan-layanan tersebut sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu memasukkan url blog anda pada kolom yang tersedia. Selain tingkat Page Rank, anda juga dapat mengetahui penjelasan mengenai bagaimana faktor-faktor lain (seperti DMOZ inclusion) mempengaruhi tingkat Page Rank anda. Jika blog Anda relatif baru (di bawah beberapa bulan), peringkat Page Rank anda mungkin belum tersedia.

Bagaimana cara meningkatkan Page Rank blog saya?

Percaya atau tidak, anda dapat meningkatkan Page Rank blog anda hanya dengan melakukan aktifitas blogging seperti biasa (memperbaharui konten secara teratur, blogwalking maupun exchange link). Namun untuk meningkatkannya secara signifikan, dibawah ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan:
  • Buatlah konten yang unik dan menarik! Ini adalah hal yang paling penting bagi setiap blogger untuk meningkatkan Page Rank mereka. Jika anda menulis sebuah konten yang memiliki informasi yang menarik, maka akan banyak yang melakukan link back untuk blog anda sehingga akan membuat pengunjung kembali dan kembali untuk mengikuti updates blog anda.
  • Gunakan halaman posting. Hal ini untuk memastikan bahwa setiap posting memiliki halamannya sendiri sehingga membantu mesin pencari menemukan informasi lebih cepat.
  • Gunakan keywords. Cobalah fokus pada keywords yang menggambarkan keseluruhan isi konten blog anda; mencantumkannya pada judul posting anda terutama pada kata-kata pertama.
Otherwise, janganlah anda terlalu mengkhawatirkan masalah Page Rank tersebut. Perlu waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk menjadikan sebuah blog memiliki PR tinggi dan optimal dalam search engine. Yang harus selalu kita ingat yaitu alasan pertama ketika kita memulai aktifitas blogging: menulis dengan baik dan dunia melihat apa yang anda ingin sampaikan.

Happy Blogging!

5 komentar:

cara membuat website on 26 Oktober 2009 pukul 12.30 mengatakan...

wah ribet juga ya....kalo cara instant ada gak ya?

dokter arif on 14 Maret 2010 pukul 01.26 mengatakan...

rumit jg tu namanya....

hadjie on 17 Maret 2010 pukul 21.11 mengatakan...

Bagus komentarnya. Saya dari Malaysia mampu memahaminya. Terima kasih atas info.

adegustiann on 2 April 2010 pukul 15.29 mengatakan...

makasih ya rumus dan pencerahannya.. sangat berguna banget..

fauzi on 30 Juli 2010 pukul 23.33 mengatakan...

Tip bagus , saya akan baca habis. tk

Posting Komentar

Anchor text pada URL komentar dengan indikasi spamming / meningkatkan SERP semata tidak akan saya approve. Jangan buang-buang waktu kalian karena blog ini menggunakan sistem NoFollow. Terimakasih.

About B-SPOT

Jakarta, D.K.I Jakarta, Indonesia
Blogger Tutorial, Tips, Trick, SEO & Add-ons

Site Info

online counter free counters

B-Spot Copyright © 2009 Community is Designed by Bie